Jumat, 08 Januari 2010

PENGERTIAN E-MAIL

SALAH satu layanan yang menjadi daya tarik dari perkembangan internet adalah surat elektronik atau electronic-mail (e-mail). Sejak kehadirannya beberapa tahun silam, e-mail telah mampu mengubah cara orang berkomunikasi dari yang semula sangat tergantung kepada surat kertas biasa.Ada beberapa keunggulan yang dimiliki e-mail. Pertama tentunya karena bentuknya yang maya. Orang tidak perlu menyediakan kertas, pulpen, amplop, maupun prangko untuk menulis e-mail. Asalkan ada koneksi internet, tiap orang bisa langsung membuat e-mail, kapan saja dan di mana saja.E-mail juga disukai karena kecepatannya. Kalau dulu untuk mengirimkan surat perlu beberapa hari sebelum sampai ke alamat yang dituju, kini e-mail bisa sampai hanya dalam hitungan menit saja. Tidak peduli apakah alamat yang ditujunya masih sama-sama di Indonesia atau bahkan di luar negeri.Karena keunggulan-keunggulan tersebutlah, e-mail lantas menjadi bagian tak terpisahkan dari aktivitas para pekerja maupun pelajar, khususnya di kota-kota besar.

E-mail adalah surat melalui media elektronik.Sebenarnya email merupakan singkatan dari "Electronic mail".Melalui email kita dapat mengirim surat elektronik baik berupa teks maupun gabungan dengan gambar, yang dikirimkan dari satu alamat email ke alamat lain di jaringan internet.Apabila kita mengirim surat melalui email kita dapat memperoleh beberapa keuntungan.Antara lain, dengan menggunakan email surat (informasi) yang kita kirim ke alamat email lain akan secara langsung diterima, selain itu biaya yang kita keluarkan cukup murah.Sebuah alamat email biasanya memiliki format semacam username@host.domain.Saat ini ISP yang menyediakan layanan pembuatan email secara gratis adalah yahoo.com dan plasa.com.


MANFAAT E-MAIL

1) E-mail dapat menghubungkan kita dengan siapa saja yang terhubung di internet di seluruh dunia dengan biaya pulsa lokal.

2) Dengan e-mail, data dikirim secara elektronik sehingga sampai tujuan dengan sangat cepat.

3) Dapat mengirim kepada lebih dari satu orang dengan saat bersamaan.

4) Dapat mempermudah komunikasi dengan orang yang ada di seluruh dunia.


MEMBUAT, MEMBUKA DAN MENGIRIM E-MAIL

A. Cara membuat Email
Bagaimana cara membuat email?. Untuk membuat email syaratnya harus mendaftar ke account email dengan cara sebagai berikut
1. Buka Browser Anda
2. Aktifkan website account email( untuk layanan yahoo dalam bahasa indonesia atau yahoo.com untuk layanan yahoo secara global)
3. Pilih Free Mail : Sign Up atau Daftar sehingga muncul jendela pengisian formulir.
4.Isi formulir secara lengkap jangan ada yang terlewatkan.
5. Setelah itu isi code Verifikasi yang terdapat dalam gambar
5. Klik “Saya setuju” atau “I Agree”
6 Jika semua sudah benar atau sudah terisi pilih Submut atau Buat Account Saya.
7. Perlu diingat jika dalam pengisian formulir ada yang salah atau ada yang kosong maka account email akan meminta anda untuk mengulangi dan mengisi semua kotak-kotak dengan benar
8. Jika telah selesai maka anda telah mempunyai account email.
9. Jangan lupa id anda dan Passwordnya harus diingat baik-baik jika anda lupa maka id anda tidak dapat di buka.

B. Login Ke Account Email
Setelah account email di buat dan mempunyai id serta passwordnya, untuk mengaktifkan account tersebut, kita harus login, jika dalam jangka waktu tertentu misalnya satu bulan tidak mengaktifkan email anda maka account email anda akan terhapus secara otomatis.
1. Aktifkan dengan cara buka account email anda misalnya yahoo.com atau yahoo.co.id lalu pilih sign in atau Masuk
2. Masukkan Yahoo Id Anda seperti (tidak menyertakan @Yahoo.com yang di isi cuma id nya saja)
3. Masukkan Password


C. Mengirim Email
Kita bisa mengirim email sebagaimana anda mengirim sms atau kartu pos kepada orang lain.
Caranya adalah sebagai berikut.
1. Pilih Tulis
2.Masukkan alamat dan Topik
3. Ketik tulisan yang akan anda kirim
4. Klik Kirim


D. Melampirkan Surat/Attachment (mengirim File Melalui Email)
1. Pilih surat pada jendela Yahoo
2. Pilih lampirkan file atau attach File
3. Setelah muncul jendela baru, Pilih browse untuk memilih dokument pada komputer kita
4. Klik Lampirkan file
5.Pilih send atau kirim.


ISTILAH- ISTILAH DALAM EMAIL

Ø Sign Up : Mendaftarkan diri (menjadi member)

Ø Sign In : Pemilik e-mail dapat masuk ke e-mailnya sendiri apabila sudah terdaftar (menjadi member)

Ø Compose : Menulis surat baru

Ø Inbox : Surat yang masuk ke pemilik e-mail

Ø To : Surat akan dikirim ke alamat e-mail yang dituju

Ø CC : Surat dikirim secara berantai ke alamat lain

Ø BCC : Surat dikirim ke alamat yang dituju tanpa memberi tahu pemilik alamat yang tercantum di alamat CC

Ø Draft : Surat yang ditulis tapi belum dikirim

Ø Sent : Surat yang terkirim

Ø Spam : Surat yang berisi kata-kata yang tidak baik/menganggu

Ø Reply : Membalas surat yang diterima

Ø Trash : Melihat e-mail yang telah dihapus

Ø Bulk : Melihat e-mail yang dicurigai sebagai spam

Ø Forward : Meneruskan surat yang diterima untuk disampaikan kepada orang lain

Ø Attachment: Fasilitas pada sebuah program e-mail baik program komputer maupun webmail yang dapat digunakan untuk mengirimkan file, atau gambar, yang di ikutsertakan pada e-mail yang akan di kirim

Ø Bounce email :Email yang tidak terkirim ke penerimanya dan masuk ke mailbox anda

Ø Delivery Receipt : Pengirim menerima info bahwa penerima email telah mendowload email yang dikirim dan telah disimpan di mail clientnya

Ø Distribution : list atau mailing list atau groups Fasilitas ajang pertukaran informasi antar sesame

Ø Domain : Penamaan dalam dunia internet

Ø Exchange server : Untuk membuat email server

Ø Filters : Penyaring email yang masuk. Seperti email porno, penipuan, promosi

Ø Folder : Fartisi tempat penyimpanan emailyang diterima

Ø Header : Kepala email, berisi informasipenting mengenai server apa, jam berapa, darimana email itu, dll.

Ø HTML Email : Email yang berisikan gambar dan teks

Ø IMAP : Metode pengaturan email yang anda terima

Ø Junk mail : Email sampah, email yang dianggap tidak perlu bahkan menggangu sipenerima

Ø Mailbox : Untuk menyatakan sebuah accountemail dengan kafasitas penampungan tertentu

Ø Mail Client : Program penarik dan pengirim email

Ø Mail Serverl : Perangkat server atau pc untukmelayani dan proses pengiriman dan penerimaan email

Ø Mail Transper Agent (MTA) : Sistem yang bertugas meneruskan
dan menghantarkan pesan email

Ø Outbox : Tempat penampungan sementara email yang mau dikirim

Ø Outlook : Nama program mail client yang ada pada operating system windows

Ø Plain-text mail : Email yang hanya teks saja

Ø POP3 : Protokol yang digunakan untuk proses penerimaan email

Ø Preview Pane : Halaman yang digunakan untuk membaca email tanpa harus membuka satu halaman baru

Ø Sent items : Nama dari sebuah folder pada program mail client

Ø Signature : Identitas pengirim yang harus selalu dituliskan di akhir pesan email

Ø SMTP : Sebagai protocol yang mengaturpengiriman pesan email

Ø Vacation messege : Untuk menginformasikan kepada pengirim email bahwa anda sedang tidak bisa membaca email

Ø Web based Email : Halaman web khusus untuk melayanianda untuk mengirim dan menerima email. WBE ini Milik yahoo, Gmail dll

Ø AB Split: Mengacu ke sebuah situasi di mana tes daftar dipecah menjadi dua bagian dengan setiap o . . .

Ø Above The Fold: Bagian dari pesan email atau halaman Web yang dapat dilihat tanpa bergulir.

Ø Biaya Perolehan: Dalam email marketing, biaya untuk menghasilkan satu memimpin, pelanggan newsletter atau Cust

Ø Untuk Swap: Pertukaran antara dua penerbit di mana masing-masing setuju untuk menjalankan compa lain

Ø Afiliasi: Seorang mitra pemasaran yang mempromosikan produk atau jasa Anda di bawah pembayaran-di-r .

Ø Afirmatif Consent: Permintaan aktif oleh pembaca atau pelanggan untuk menerima iklan atau promotiona

Ø Alert: Email atau pesan yang memberitahukan pelanggan dari suatu peristiwa atau harga khusus.

Ø Application Service Provider (ASP): Perusahaan yang menyediakan berbasis Web Services

Ø Lampiran: Teks, video, grafik, PDF atau file suara yang menyertai pesan email tetapi. Ini adalah file yang dapat Anda kirimkan bersama dengan email Anda,

Ø Autoresponder: Email otomatis mengirim pesan-kemampuan, seperti sebuah pesan selamat datang yang dikirim

Ø Bayesian Filter: Anti-spam mengevaluasi program yang header dan isi pesan email yang masuk

Ø Blackhole: Istilah yang menggambarkan apa yang terjadi pada email yang diblokir tanpa respon bouncing

Ø Blacklist: Sebuah daftar dikembangkan oleh siapa pun menerima email, atau memproses email dalam perjalanan

Ø Blacklist - Swasta: Daftar alamat IP percaya untuk mengirim spam, disusun oleh pengguna ISP

Ø Blacklist - Umum: Daftar alamat IP percaya untuk mengirim spam.

Ø Blok: Penolakan oleh ISP atau server mail tidak untuk meneruskan pesan email

Ø Confirmed Opt-In: Proses yang ganda cek keinginan untuk dimasukkan pada daftar email

Ø Isi: Semua materi dalam pesan email, kecuali untuk kode yang menunjukkan pengiriman

Ø Content Filter: Software filter yang memblokir email berdasarkan kata-kata, frase, atau informasi header

Ø Konversi: Ketika penerima email melakukan tindakan yang dikehendaki didasarkan pada sebuah mailing anda

Ø BPA: Biaya per Action (juga dapat Akuisisi). Metode membayar untuk iklan,

Ø BPK: Biaya per Klik. Metode membayar untuk iklan.

Ø Cross-Kampanye Profiling: Sebuah metode yang digunakan untuk memahami bagaimana email

Ø Cross-Post: Untuk mengirim pesan email yang sama sekurang-kurangnya dua milis yang berbeda atau cakram

Ø Dedicated Server: Sebuah server email yang digunakan oleh satu pengirim.

Ø Deduping: Proses identik menghapus entri dari dua atau lebih set data

Ø Denial-Of-Service Attack (DOS): Upaya terorganisir untuk mengganggu email Menyebarkan Tindakan kampanye mengirimkan email setelah pengujian.

Ø Kamus Attack: Suatu jenis program spam yang membombardir sebuah mail server dengan jutaan abjad

Ø Digest: Sebuah versi pendeknya newsletter email yang menggantikan lengkap artikel panjang

Ø Diskusi Kelompok: Sebuah layanan email di mana anggota-anggota individu memposting pesan untuk semua anggota kelompok

0 komentar:

Posting Komentar